Senin, 05 Maret 2012

Makna Dibalik Permainan

Jum'at, 2 Maret 2012.

Wirausaha adalah kemampuan yang dimiliki oleh seseorang untuk melihat dan menilai kesempatan-kesempatan bisnis; mengumpulkan sumber dayasumber daya yang dibutuhkan untuk mengambil tindakan yang tepat dan mengambil keuntungan dalam rangka meraih sukses. Sedangkan Kewirausahaan sendiri pada hakekatnya adalah sifat, ciri dan watak seseorang yang memiliki kemauan dalam mewujudkan gagasan inovatif ke dalam dunia nyata secara kreatif.


Pada tanggal tersebut diatas, saya ada mata kuliah kewirausahaan, dimana mengenai pengertian dari kata tersebut telah dijelaskan di atas. Pada kesempatan kala itu kita di suruh untuk melakukan permainan sederhana, yaitu menggambar Jerapah, dimana peraturan dalam permainan tersebut yaitu, setian orang dalam kelompok hanya boleh membuat gambar dengan satu kali sentuhan spidol di papan tulis. Hasilnya memnag tidak karuan dan cenderung jelek, tapi dengan adanya permainan tersebut saya mengeri maksud dari pak Lilik yang ingin sampaikan yaitu "harus adanya kerjasama tim yang kompak di dalam kita melakukan wirausaha atau bisnis".


Permainan kedua yaitu, kita disuruh membuat menara setinggi-tingginya dengan menyusun  barang yang kita miliki. Saya bersama teman-teman membuat menara yang dinamai "Menara Penangkal Hukan". Dari permainan ini saya dapat memperoleh pelajaran bahwasannya "orang dalam berbisnis harus kreatif". Entah dalam bentuk tampilan, nama atau dalam bentuk promosi.


Dari dua permainan tersebut kita dapat simpulkan bahwa prinsip-prinsip didalam berbisnis diantaranya yaitu :
1. Adanya kekompakan dalam bekerjasama
2. Usahawan harus memiliki jiwa kreatif 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar