Kamis, 23 Februari 2012

(arti) Mahasiswa

Apa sih kata atau arti dari sebuah kata mahasiswa. Menurut wikipedia Indonesia, arti dari Mahasiswa atau Mahasiswi adalah panggilan untuk orang yang sedang menjalani pendidikan tinggi di sebuah universitas atau perguruan tinggi. Sedangkan kalau diartikan dari katanya sendiri yaitu, Mahasiswa adalah suatu kata yang tersusun dari dua unsur kata yaitu, “maha” dan “siswa”. Dimana kata maha disini diartikan sesuatu yang lebih tinggi tingkatannya atau tidak merasa cukup, sedangkan siswa sendiri adalah pelajar atau seorang yang menunutut ilmu.
Jadi arti mahasiswa kalau menurut arti katanya sendiri yaitu, pelajar atau siswa yang tingkatannya lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang biasa. Atau dapat juga diartikan sebagai tidak pernah merasa cukup untuk menuntut  ilmu. Jika seperti ini apakah seorang mahasiswa adalah seorang yang setiap harinya berada dibangku kuliah, atau seorang nilai prestasi belajarnya tinggi dengan nilai IPK 4,00.
Kalau menurut pandangan pribadi saya sendiri  mahasiswa adalah seorang agen perubahan dalam masyarakat dan tentunya juga sebagai kontroler dalam pemerintahan. Jadi sebagai seorang mahasiswa kita mampu untuk melakukan perubahan dalam masyarakat disekitar kita sendiri dan dapat mengontrol kebijakan-kebijakan pemerintah. Karena bagaimanapun  kita ketahui secara bersama banyak dari kebijakna pemerintah yang tidak menguntungkan bagi masyarakat-masyarakat yang ada di bawah.
Sehingga sebagai mahasiswa kita harus mampu melakukan pergerakan dan melakukan perubahan yang menguntungkan bagi masyarakat. 

4 komentar:

  1. mahasiswa sekarang yang penting lulus...tetapi banyak juga yang beraktualisasi atas ke-maha-an dalam siswanya...

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Mahasiswi cmn ingin gelar
    Tdk dengan pemikiran

    BalasHapus